Cara Screenshot Realme 10, 10 Pro, dan 10 Pro+

Screenshot Realme 10

Realme meluncurkan ponsel terbarunya penerus dari Realme 9, yakni Realme 10. Realme 10 merupakan ponsel kelas menengah yang tersedia dengan tiga varian, yaitu Realme 10, Realme 10 Pro, dan Realme 10 Pro+.

Ketiga ponsel tersebut memiliki spesifikasi berbeda-beda namun untuk fitur seperti tangkap layar atau screenshot tetaplah sama dengan pendahulunya.

Fitur screenshot pada Realme 10 Series memiliki beberapa metode yang bisa kamu pilih yang telah desediakan oleh Realme. Baik itu menggunakan tombol fisik, maupun sebaliknya.

Dalam panduan ini, kamu akan mengetahui cara screenshot layar di HP Realme 10, Realme 10 Pro, dan Realme 10 Pro Plus. Simak sebagai berikut.

Cara Screenshot Realme 10, 10 Pro, dan 10 Pro+

Dengan Tombol

Yang paling sering dilakukan pada ponsel Android untuk mengambil screenshot adalah dengan menggunakan dua tombol fisik. Kamu cukup tekan tombol daya dan tombol volume down secara bersamaan hingga melihat minimalisasi layar atau suara rana yang menandakan screenshot berhasil di ambil.

Dengan Tiga Jari

Realme memiliki metode mengambil screenshot tanpa tombol fisik, yaitu dengan menggesek layar dengan tiga jari dari atas ke bawah. Untuk memastikan apakah metode ini sudah di aktifkan, silahkan periksa settingan-nya seperti berikut.

  1. Masuk ke Pengaturan Perangkat.
  2. Ketuk Alat Praktis.
  3. Pilih Cuplikan layar.
  4. Terakhir, aktifkan opsi Gesek turun 3 jari.

Dengan Pusat Kontrol

  1. Cari halaman akan di screenshot
  2. Buka pusat kontrol Realme 10.
  3. Ketuk shortcut Cuplikan layar.
  4. Tunggu hingga layar mengedip atau terdengar suara rana.
Baca Juga :  Cara Screenshot Oppo A96 dan bisa Tanpa Tombol

Tip: Jika shortcut Cuplikan layar tidak ada di pusat kontrol, silahkan edit pusat kontrol, lalu pilih Cuplikan layar dan seret ke atas untuk di tambahkan.

Dengan Bilah Samping Cerdas

Bilah samping cerdas adalah menu pintasan cepat untuk mengakses aplikasi di ponsel Realme. Selain itu, kamu juga bisa mengambil screenshot dengan memilih ikon cuplikan layar. Untuk menggunakannya, tarik bilah samping cerdas ke tengah layar lalu pilih cuplikan layar untuk mengambil screenshot. Untuk cara ini, kamu perlu mengaktifkannya seperti berikut.

  1. Pergi ke Pengaturan perangkat.
  2. Ketuk Fitur khusus.
  3. Pilih Bilah samping cerdas.
  4. Aktifkan opsi Bilah Samping Cerdas.

Screenshot Panjang

Untuk mengambil screenshot panjang, kamu cukup mencari halaman yang bisa di gulir. Selanjutnya gunakan metode apapun untuk mengambil screenshot, misalnya tiga jari. Setelah berhasil dan menampilkan pratinjau screenshot, pilih ikon pengguliran untuk memperpanjang screenshot.

Cara Melihat Screenshot

Setelah berhasil mengambil tangkapan layar dengan metode yang kamu pilih, buka aplikasi Foto > Album > Screenshot atau File Manager > Gambar > Screenshots untuk melihat hasilnya. Kamu dapat mengedit, memotong, menghapus, atau membagikannya.

Akhir Kata

Demikian, begitulah cara mengambil tangkap layar atau screenshot di Realme 10 Series. Sebenarnya masih ada lagi metode lain untuk mengambil screenshot tanpa tombol fisik. Tapi, metode di atas adalah cara paling sering digunakan oleh pengguna ponsel Realme.

Artikulli paraprakCara Screenshot di HP Realme C30 dengan atau Tanpa Tombol
Artikulli tjetërCara Mematikan HP Realme 9 Pro tanpa pakai Tombol