Cara Membuat dan Berbagi Tautan Panggilan Suara/Video di WhatsApp

Cara Membuat dan Berbagi Tautan Panggilan Suara/Video di WhatsApp

Lebih dari 2 miliar pengguna, WhatsApp sudah menjadi layanan panggilan suara dan video yang banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Perusahaan perpesanan milik Meta itu kini bersiap untuk merilis lebih banyak fitur kolaboratif, termasuk fitur baru yang bernama WhatsApp Call Links.

Fitur ini bertujuan untuk bersaing dengan aplikasi konferensi video seperti Google Meet dan Zoom, dengan memungkinkan pengguna membuat dan membagikan tautan untuk panggilan video dan suara di dalam WhatsApp.

Siapa pun yang memiliki akun WhatsApp dapat bergabung dalam panggilan menggunakan tautan kapan saja, membuatnya lebih mudah untuk memulai dan bergabung dalam panggilan konferensi. Jika Anda tertarik menggunakan opsi “Buat Tautan Panggilan” di WhatsApp, berikut cara memanfaatkan fitur ini.

Menurut halaman dukungan WhatsApp, Tautan Panggilan adalah URL unik dengan pengenal 22 karakter yang memudahkan untuk terhubung dengan orang lain di aplikasi perpesanan. Tautan ini mudah dibuat, memiliki masa berlaku yang lama, dan dapat digunakan berulang kali, seperti yang akan Anda pelajari dalam panduan ini. 

Sebelum menggunakan Tautan Panggilan WhatsApp, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui:

Tautan Panggilan saat ini hanya tersedia di Android dan iOS. Informasi tentang penggunaan Tautan Panggilan di desktop atau web dapat ditemukan di bagian khusus.

Tautan Panggilan WhatsApp memiliki masa berlaku 90 hari dan akan kedaluwarsa jika tidak digunakan dalam jangka waktu tersebut. Ini berarti Anda dapat menggunakan tautan yang sama untuk terhubung dengan teman di lain waktu, tetapi Anda tidak dapat menghapus tautan secara manual.

Meskipun pengguna tidak dapat menghapus tautan, WhatsApp dapat mencabutnya untuk alasan keamanan dan privasi. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa panggilan video dan suara yang dilakukan melalui tautan ini tetap terenkripsi secara end-to-end.

Siapa pun yang memiliki tautan dapat bergabung dalam panggilan tersebut, jadi pastikan untuk hanya membagikan tautan tersebut dengan orang tepercaya. Pengguna yang diblokir tidak akan dapat bergabung dengan panggilan. Namun, jika tidak hati-hati, fitur ini bisa menjadi masalah privasi.

Langkah 1: Buka WhatsApp di iPhone atau ponsel Android Anda dan arahkan ke tab “Panggilan”. Di bagian atas, Anda akan melihat opsi baru “Buat Tautan Panggilan”.

Langkah 2: Setelah Anda mengetuk opsi “Buat Tautan Panggilan”, aplikasi akan menghasilkan tautan panggilan video secara default, namun, Anda dapat memilih antara panggilan video atau suara dengan memilih opsi “Jenis panggilan” di bawah tautan.

Langkah 3: Setelah membuat Tautan Panggilan WhatsApp, Anda memiliki tiga opsi untuk membagikannya dengan orang lain. Anda dapat mengirimkannya ke kontak di dalam WhatsApp, menyalin tautan, atau menggunakan opsi “Bagikan tautan” untuk mengirimkannya melalui email, Instagram, Discord, atau platform lainnya.

Setelah Anda membagikan tautan untuk panggilan video atau suara di WhatsApp, pengguna dapat dengan mudah bergabung dengan panggilan tersebut dengan mengetuk tautan tersebut.

Jika Anda membagikan tautan di dalam WhatsApp, pengguna juga akan melihat tombol “Gabung panggilan” di bawah tautan dalam percakapan. Menekan tombol ini akan membawa mereka ke layar panggilan, di mana mereka dapat mengetuk “Bergabung” untuk berpartisipasi dalam panggilan.

Call Links memiliki masa berlaku 90 hari, sehingga Anda dapat menggunakannya lagi untuk terhubung dengan teman atau keluarga di kemudian hari. Berikut cara menggunakan kembali call link yang sudah ada:

  • Buka WhatsApp dan buka tab “Panggilan”.
  • Cari kontak dengan ikon tautan di bawah namanya di log panggilan.
  • Ketuk nama kontak untuk mengakses tautan panggilan yang ada.
  • Gunakan tombol “Gabung” untuk bergabung dalam panggilan dan mengundang peserta baru.

Bisakah tautan panggilan WhatsApp digunakan di desktop atau browser web?

Sementara aplikasi konferensi video populer lainnya seperti Zoom dan Google Meet memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam panggilan dari berbagai platform termasuk seluler, desktop, web, maupun smart TV.

Baca Juga :  Cara Menerjemahkan Teks di Android dengan Google Lens

Namun, tautan panggilan WhatsApp saat ini memiliki batasan yang signifikan.

Saat Anda mencoba bergabung dengan panggilan video atau suara di desktop Windows atau Mac dengan mengeklik tautan panggilan, Anda mungkin menemukan pesan kesalahan di browser Anda yang berbunyi “Tautan panggilan WhatsApp saat ini tidak didukung di desktop”. Pesan kesalahan juga menyertakan kode QR untuk tautan panggilan, yang dapat Anda pindai menggunakan aplikasi pemindai kode QR di ponsel Anda untuk bergabung dalam rapat.

Sayangnya, saat ini Anda tidak dapat bergabung ke panggilan suara dan video menggunakan tautan panggilan di desktop atau browser web. Namun, diharapkan aplikasi perpesanan yang dimiliki oleh Meta ini akan menambahkan dukungan untuk desktop dalam beberapa minggu mendatang.

Meskipun Tautan Panggilan WhatsApp dapat membantu, fungsinya saat ini terbatas

Itu dia informasi yang perlu Anda ketahui tentang fitur Tautan Panggilan baru di WhatsApp. Meskipun fitur ini memungkinkan Meta bersaing dengan Zoom dan aplikasi konferensi video lainnya, menurut saya ini akan memiliki lebih banyak aplikasi pribadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Anda sekarang dapat merencanakan panggilan ramah dan keluarga terlebih dahulu alih-alih mencoba mengundang semua orang di saat-saat terakhir.

Tautan Panggilan WhatsApp adalah tambahan yang berguna, tetapi fiturnya saat ini tidak lengkap. Ada dua hal yang saya ingin perusahaan tambahkan: kemampuan untuk mengatur waktu rapat dan mengirim pengingat untuk rapat di dalam WhatsApp.

Selain itu, WhatsApp telah menambahkan beberapa kemampuan baru baru-baru ini. Anda sekarang dapat menyembunyikan status online Anda di WhatsApp dan terus menggunakan fitur perpesanan di beberapa perangkat, meskipun perangkat utama Anda tidak terhubung ke internet. Untuk mempelajari tip dan trik yang lebih bermanfaat, pastikan untuk mengikuti Beebom, dan beri tahu kami pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Artikulli paraprakBegini Cara Mematikan Fitur Glance HP Realme